Apa itu e-mail ? ~ Blog Kota Batik
Apa itu e-mail ? | Blog Kota Batik

Jumat, 04 September 2009

Apa itu e-mail ?

Membaca bahasan ini mungkin ada diantara pembaca yang tersenyum sambil sambil berkata “hari gini masih membahas email ?” atau “era cyber gini belum ngerti e-mail ?”, tapi sudahlah, untuk Anda yang sudah paham, hafal, bahkan mungkin sudah berhasil mempunyai e-mail lebih dari satu mungkin tulisan ini kurang menarik tapi saya yakin masih banyak kok saudara-saudara kita yang masih belum mengerti bahkan mungkin masih bingung apa itu e-mail.

Untuk yang belum mengerti silahkan terus membaca...........
E-mail atau surat elektonik atau pos elektronik adalah suatu sarana untuk kirim mengirim surat melalui internet. Jika pengiriman surat biasa yang kita kenal selama ini kita diharuskan membayar prangko namun e-mail kita hanya memerlukan fasilitas untuk sambungan internet. Dewasa ini e-mail telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktifitas kita. Hampir setiap teman atau relasi kita akan mencantumkan alamat e-mail dalam kartu nama mereka. Sebagian dari kita bahkan mungkin akan tersipu malu jika terpaksa harus mengatakan “Saya belum punya alamat e-mail......” saat ditanya teman atau relasinya.

Apa fungsi e-mail ?

Disamping fungsi utamanya sebagai sarana pengiriman surat secara elektronik via internet, e-mail juga mempunyai beberapa fungsi lainnya, sebagaimana berikut :
• Pengiriman file (excel, text, database, image, video dll)
• Vertifikasi ID register
• Reminder untuk comment masuk
• dll

Bagaimana cara mengakses e-mail ?

Untuk mengakses e-mail kita mengenal dua macam cara, yaitu :
Pertama, menggunakan browser, seperti Internet Explorer, Opera atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, yaitu metode dengan menggunakan media web untuk mengakses email. Contoh : Yahoo! atau Gmail. Untuk mendaftar di dua penyedia e-mail ini kita dapat memperolehnya secara cuma-cuma alias gratis.

Kedua, menggunakan program pengakses e-mail atau sering disebut e-mail client, misal : Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Eudora Mail dan Mutt. Kelebihan metode ini adalah kita dapat membaca e-mail tanpa perlu terhubung secara terus menerus dengan internet, disamping itu kita dapat menerima hingga puluhan e-mail dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian kita dapat menghemat biaya koneksi ke internet.

Bagaimana cara memiliki email ?

Untuk memiliki email, Kita harus mendaftar ke penyelenggara layanan e-mail, layanan ini ada yang bersifat gratis dan bayar. Untuk suatu instansi atau perusahaan biasanya mereka menggunakan layanan e-mail berbayar karena biasanya mereka membutuhkan layanan email dengan fasilitas lebih yang tidak tersedia pada layanan email gratis. Sedangkan untuk kepentingan personal, kita cukup menggunakan e-mail yang gratisan.
Besok saya akan coba membahas pendaftaran e-mail yang gratisan yaitu mendaftar ke Yahoo! dan mendaftar ke Google. Dua penyedia fasilitas e-mail gratis ini yang juga merupakan search engine menurut saya merupakan yang terbesar saat ini.









Silahkan berikan komentar Anda tapi yang sopan ya...
Komentar yang ndak sopan Wiwik hapus loh...
( he..he..he...galak dikit )

Komentar Pengunjung :

Posting Komentar

 

Tukeran link yuk ?

Silahkan copy kode di bawah & masukan ke blog Anda, saya akan segera linkback kembali

 Blog Kota Batik


Anda juga bisa membuat linknya sendiri secara manual (tanpa copy kode html diatas).
Diberdayakan oleh Blogger.

Link Friendly

  1. Batik Pekalongan
  2. Dongeng 1001 Malam
  3. Oret oretan
  4. Toko Herbal Pasutri
  5. Dena Arta Putra
  6. W3 Directory - the World Wide Web Directory
Mau ? silahkan copy paste code disebelah kiri & masukkan ke blog Anda, selanjutnya konfirmasi (via My Guestbook), maka kami akan linkback kembali

About me

Saya bukanlah pakar IT, namun saya jatuh cinta dibidang ini. Untuk itu saya selalu belajar dan belajar, mengaplikasikannya kemudian menuangkannya kembali dalam bentuk tulisan.
Blog ini merupakan salah satu wujud dari proses tersebut. Semoga blog ini yang merupakan media tempat belajar menuang- kan apresiasiku ini bermanfaat.

Ikutan jadi teman Wiwik di facebook
 

  Copyright © Kota Batik, kumpulan Blog Tutorial, Bisnis Internet, Humor dan Health & LifeStyle

  

Back to TOP