Mengenal Facebook dan Manfaatnya ~ Blog Kota Batik
Mengenal Facebook dan Manfaatnya | Blog Kota Batik

Jumat, 12 November 2010

Mengenal Facebook dan Manfaatnya

Saat ini keberadaan Facebook mendominasi obrolan komunitas pengguna Internet di Indonesia. Pengguna situs jejaring ini semakin hari semakin bertambah mulai dari anak SMP, SMA hingga Mahasiswa bahkan bapak-bapak dan ibu-ibu tak ketinggal ber-facebook ria. Konon posisi Facebook kini mampu menggantikan Friendster dan beberapa situ jejaring sosial lainnya yang lebih dulu ada. Bahkan sebagian besar pengguna Friendster atau situs jejaring social lainnya, saat ini sudah berganti dan beralih ke Facebook.

Untuk mengetahui apa itu Facebook.....yuk kita tengok kebelakang sejarah perkembangannya. Menurut mas Wiki (wikipedia.org), Facebook atau sering disingkat FB adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang Mahasiswa Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (AS) hingga akhirnya situs jejaring sosial ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh pengguna internet diseluruh dunia.

Hingga Juli 2007, facebook memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Fitur hiburan dalam Facebook disebut aplikasi. Contohnya antara lain permainan video, kuis, dan lain sebagainya.

Manfaat Facebook
Bicara manfaatnya, tentunya kita ndak mau dong ikut-ikutan ber-facebook-an tanpa tahu manfaat dan kegunaannya. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat Facebook yang dapat kita peroleh :
  1. Ajang Pertemanan
    Sebagaimana situs jejaring sosial lainnya, Facebook juga merupakan situs untuk bersosial ria secara online. Dengan mempunyai account di Facebook, kita dapat menambah teman dan bertukar informasi atau sekedar ngobrol untuk silaturahmi. Kita bisa menyatakan pendapat atau mengomentari status teman kita dan juga men-share tentang sesuatu hal.

  2. Sebagai Media Berjualan dan Promosi
    Jika Anda mempunyai barang dagangan atau apapun yang layak jual, sebagai contoh Anda ingin jualan batik, maka Anda dapat mempresentasikannya via facebook ini. Sebagai penguat presentasinya, Anda dapat menampilkannya dalam bentuk gambar atau video. Barang dagangan tersebut tidak harus punya Anda sendiri koq, Anda juga bisa menjadi reseller atau menjual barang orang lain (tentu saja sudah ada kesepakatan antara Anda dengan pemiliknya dong ya...). Jika teman atau orang yang ada dalam jaringan Anda tertarik maka mereka akan membeli produk kita. Dan satu lagi, lewat Facebook ini kita bisa menciptakan brand awareness produk kita loh.

  3. Meningkatkat Traffik Blog
    Bagi Anda yang sudah punya blog dan ingin meningkatkan traffik blognya, Facebook bisa sebagai solusinya. Caranya adalah sering-seringlah share postingan terbaru blog Anda di status Facebook Anda. Jika teman yang ada dijaringan Anda tertarik dan mengklik, maka teman Anda tersebut akan menjadi pengunjung blog Anda dan ini berarti menambah traffik blog Anda. Bisa Anda bayangkan seandainya Anda mempunyai ratusan bahkan ribuan teman di jaringan Anda, he..he..he.. bisa kebanjiran pengunjung tuh.

  4. Dan lain-lain
    Disamping ke-3 manfaat diatas, masih ada manfaat lainnya seperti untuk menyimpan foto/video mement penting Anda, atau mungkin untuk menaikkan status sosial Anda (biar ndak dianggap kuper kali ya he..he..he..) dan lain-lain silahkan tambahkan sendiri di kolom komentar ya...
Saya rasa ini aja, mudah-mudahan ini bermanfaat....


Silahkan berikan komentar Anda tapi yang sopan ya...
Komentar yang ndak sopan Wiwik hapus loh...
( he..he..he...galak dikit )

Komentar Pengunjung :

4 komentar ke “Mengenal Facebook dan Manfaatnya”
r10 mengatakan...
pada tanggal 

kalo saya fb berguna untuk menjalin pertemanan dan mendapatkan trafik blog :D

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
pada tanggal 

Perhatikan juga bahayanya :)

pulsa elektrik termurah mengatakan...
pada tanggal 

Anak-anak muda mudah diculik trus dijual jadi pembokat di negeri orang :(

Molly Tampan mengatakan...
pada tanggal 

Artikel Yang Menarik,Kunjungi Website Saya Please Jasa Digital Marketing dan SEO

Posting Komentar

 

Tukeran link yuk ?

Silahkan copy kode di bawah & masukan ke blog Anda, saya akan segera linkback kembali

 Blog Kota Batik


Anda juga bisa membuat linknya sendiri secara manual (tanpa copy kode html diatas).
Diberdayakan oleh Blogger.

Link Friendly

  1. Batik Pekalongan
  2. Dongeng 1001 Malam
  3. Oret oretan
  4. Toko Herbal Pasutri
  5. Dena Arta Putra
  6. W3 Directory - the World Wide Web Directory
Mau ? silahkan copy paste code disebelah kiri & masukkan ke blog Anda, selanjutnya konfirmasi (via My Guestbook), maka kami akan linkback kembali

About me

Saya bukanlah pakar IT, namun saya jatuh cinta dibidang ini. Untuk itu saya selalu belajar dan belajar, mengaplikasikannya kemudian menuangkannya kembali dalam bentuk tulisan.
Blog ini merupakan salah satu wujud dari proses tersebut. Semoga blog ini yang merupakan media tempat belajar menuang- kan apresiasiku ini bermanfaat.

Ikutan jadi teman Wiwik di facebook
 

  Copyright © Kota Batik, kumpulan Blog Tutorial, Bisnis Internet, Humor dan Health & LifeStyle

  

Back to TOP