Jualan Barang dan Jasa di Internet ~ Blog Kota Batik
Jualan Barang dan Jasa di Internet | Blog Kota Batik

Minggu, 30 Januari 2011

Jualan Barang dan Jasa di Internet

Sebagaimana kita ketahui bahwa internet selain sebagai sumber informasi, juga dapat kita jadikan sebagai tempat berjualan secara online. Adapun barang atau jasa yang dapat kita jual bermacam-macam mulai dari barang kerajinan, pakaian, sepatu, sewa hosting, konsultan, dll.

Untuk menjual barang / jasa di internet bisa lewat website orang lain yang memang menyediakan tempat untuk berjualan seperti di kaskus.us, bekas.com, alibaba.com, ebay.com, bahkan di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dll. Namun kali ini saya akan sharing mengenai penjualan barang / jasa dengan website sendiri. Untuk menjual barang / jasa di website sendiri langkah-langkahnya antara lain :

  1. Menentukan jenis produk yang akan dijual
    Sebelum menentukan produk apa yang akan dijual, KONON menurut para ahlinya kita perlu untuk melakukan riset pasar (market research) kira-kira barang / jasa apa yang laku dijual dan bisa mendatangkan keuntungan. Maaf... saya katakan konon karena jujur saya sendiri tidak melakukan ini ketika saya putuskan untuk meramaikan bisnis online dengan membuat toko batik online, yeah... namanya juga cuma meramaikan ya ? :) . Namun tidak ada salahnya koq jika Anda melakukan riset pasar ini karena disamping cukup mudah, cepat, gratis dan juga cukup banyak manfaatnya.

    Untuk melakukan riset pasar di internet kita cukup membuka website yang memang menyediakan fasilitas untuk itu seperti http://freekeywords.wordtracker.com atau https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Setelah membuka website tersebut, masukkan kata kunci yang hendak kita bidik. Misal kita akan riset tentang prospek jualan batik di internet maka kita ketik "batik" sebagai kata kuncinya.

    Dengan melakukan riset ini maka kita akan mengetahui tingkat persaingan dalam pasar tersebut. Jika hasil riset tersebut menunjukkan bahwa banyak orang menggunakan kata kunci tersebut dalam pencarian maka ini berarti peluang tersebut besar. Semakin besar peluang biasanya semakin banyak saingan yang akan kita hadapi, sebaliknya semakin kecil peluang maka semakin sedikit saingan yang akan kita hadapi.

  2. Membuat website
    Setelah kita mempunyai produk untuk dijual via internet, maka langkah selanjutnya adalah membuat website sebagai toko online tempat menjual barang tersebut. Sebagaimana kita ketahui bahwa untuk membuat website ada yang gratis seperti blogspot dan wodpress dan ada yang berbayar. Jika Anda memilih untuk membuat website secara gratisan maka domain Anda akan berada di subdomain situs penyedia gratisan tersebut, misal nama website Anda adalah toko-aduhai maka website Anda akan menjadi toko-aduhai.blogspot.com atau toko-aduhai.wordpress.com. Namun menurut saya alangkah baiknya jika Anda membuat website sendiri karena toko online Anda akan kelihatan lebih profesional. Apalagi barang / jasa yang Anda jual cukup bernilai maka langkah yang bijak adalah mempunyai website sendiri.

  3. Promosikan website Anda
    Setelah mempunyai website dengan produk / jasa yang sudah dipajang, maka langkah terakhir adalah mempromosikan website Anda. Promosi ini menurut saya sangat penting karena ada pepatah "tak kenal maka tak sayang". Hal inilah tujuan dari promosi tersebut yaitu memperkenalkan toko online Anda ke semua orang bahkan keseluruh dunia. Kedepan insya Allah saya akan sharing cara mempromosikan toko online kita agar dikenal.
Oke.... saya rasa ini saja sharing mengenai "Jualan Barang dan Jasa di Internet", mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada yang mau menambahkan silahkan tambahkan di kolom komentar agar kita bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman, makasih.


Silahkan berikan komentar Anda tapi yang sopan ya...
Komentar yang ndak sopan Wiwik hapus loh...
( he..he..he...galak dikit )

Komentar Pengunjung :

11 komentar ke “Jualan Barang dan Jasa di Internet”
Anonim mengatakan...
pada tanggal 

mbak mo tanya, mbak wiwik blogger or juragan batik sih ?
tapi tulisannya cukup bagus :)

Kupon Diskon Hostgator mengatakan...
pada tanggal 

Mantap nih tulisannya, memang dengan menjajakan produk atau jasa kita melalui internet, sama saja kita memiliki toko di dunia tanpa batas ini, selanjutnya tergantung target market mana yang akan kita bidik, lakukan dengan promosi yang baik dan benar, InsyaAllah akan meningkatkan penjualan dari produk dan jasa kita.
Sukses untuk kita semua, ditunggu kunjungan baliknya :)

HAYU beautiful handicraft mengatakan...
pada tanggal 

info yg menarik.... :-)
silakan kunjungi blog kami.... :-)

(HAYU beautiful handicraft)
http://hayubeautifulhandicraft.blogspot.com

Lukman Khakim mengatakan...
pada tanggal 

pada waktu saya membuka halaman https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal kok tidak muncul menu2 yang sesuai, apa memang sudah diubah layout dan featurenya sama google?

mohon penjelasannya

Wiwik Pujiastuti mengatakan...
pada tanggal 

oh iya…
barusan tak coba juga tidak mau keluar menunya…
cari tool yang lain aja mas, banyak kok kalau kita googling diantaranya freekeywords.wordtracker.com, wordstream.com/keywords.com, ispionage.com, dll

Paras mengatakan...
pada tanggal 

wah manstabh nie artikelnya . . . semakin memberikan semangat untuk bisnis batik online . . . cendol dah pokoknya . .

Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia mengatakan...
pada tanggal 

Paling enak kalau punya website yang udah nongol di Google

pulsa elektrik termurah mengatakan...
pada tanggal 

Tapi susah banget buat nongol di google, memang harus kerja keras blogwalking

Batik Kudus mengatakan...
pada tanggal 

gimana caranya agar website kita dapat page rank dan pengunjung yang banyak dan nomer 1 di google?

Wiwik Pujiastuti mengatakan...
pada tanggal 

@Batik Kudus
Saya pernah share mengenai ini, silahkan KLIK DISINI dan perbanyak baca artikel2 yg berhubungan dengan SEO.

Semoga bisa diterima dan sukses toko batiknya...
Semakin jaya batik Indonesia...

kursi jepara mengatakan...
pada tanggal 

wow saya akan mencoba lebih baik, mantap nie

Posting Komentar

 

Tukeran link yuk ?

Silahkan copy kode di bawah & masukan ke blog Anda, saya akan segera linkback kembali

 Blog Kota Batik


Anda juga bisa membuat linknya sendiri secara manual (tanpa copy kode html diatas).
Diberdayakan oleh Blogger.

Link Friendly

  1. Batik Pekalongan
  2. Dongeng 1001 Malam
  3. Oret oretan
  4. Toko Herbal Pasutri
  5. Dena Arta Putra
  6. W3 Directory - the World Wide Web Directory
Mau ? silahkan copy paste code disebelah kiri & masukkan ke blog Anda, selanjutnya konfirmasi (via My Guestbook), maka kami akan linkback kembali

About me

Saya bukanlah pakar IT, namun saya jatuh cinta dibidang ini. Untuk itu saya selalu belajar dan belajar, mengaplikasikannya kemudian menuangkannya kembali dalam bentuk tulisan.
Blog ini merupakan salah satu wujud dari proses tersebut. Semoga blog ini yang merupakan media tempat belajar menuang- kan apresiasiku ini bermanfaat.

Ikutan jadi teman Wiwik di facebook
 

  Copyright © Kota Batik, kumpulan Blog Tutorial, Bisnis Internet, Humor dan Health & LifeStyle

  

Back to TOP